ARTIKEL

Berani Muallaf Di Usia Muda

Usianya belum genap 20 tahun, tepatnya baru memasuki 18 tahun. Usia yang relatif masih labil. Dengan menyandang nama Nur Hidayati, Esmiralna telah menjadi mualaf sejak akhir tahun 2012 lalu. Ketertarikannya akan Islam bermula ketika ia masih sekolah. Di bangku SMP Esmiralna sering minta izin kepada guru agama Islam untuk mengikuti pelajaran Islam di dalam kelas. Sekali, dua kali hingga berkali-kali ia mengikuti kelas hingga akhirnya ia memutuskan untuk memeluk Islam.

Tekad yang kuat ingin memeluk Islam diutarakannya kepada salah seorang sahabat sekolah yang kemudian diteruskan kepada guru mata pelajaran agama Islam. Namun tidak semudah itu langkahnya untuk masuk Islam karena sahabat dan sang guru khawatir mendapat tekanan dari keluarga Esmiralna. Desakan yang semakin kuat dari Esmiralna membuat sahabat dan guru nya tersebut luluh yang akhirnya mereka membantu mensyahadatkannya dengan catatan ia tak perlu memberi tahu pihak keluarga terlebih dahulu.

Selang beberapa waktu ia memeluk Islam secara sembunyi-sembunyi akhinya pihak keluarga pun tahu dan ayahnya langsung murka mendengar anak gadisya telah pindah agama. Esmiralna yang masih di usia sekolah langsung diusir dari rumah dan hidup sebatang kara, terlunta-lunta. Tinggal di rumah teman, di toko kosong, di menasah atau di manapun tempat yang bisa membuat nya tidur meski tak pulas.

Alhamdulillah, tak lama setelah memeluk Islam, Allah hadirkan jodoh di sisi Esmiralna. Seusai lulus sekolah, ia pun menikah dengan seorang pria Muslim asal Aceh yang bekerja sebagai kernet. Akan tetapi, setelah menikah, hidup tak kalah susah. Pekerjaan suami dengan penghasilan kecil tak menentu membuat mereka masih tak jelas tempat tinggalnya. Masih sama dengan kondisi sebelum menikah, mereka tidur dari satu tempat ke tempat yang lain, kadang tidur di mushola atau manapun. Bahkan dengan berkaca-kaca, Esmiralna mengatakan bahwa baju yang dimiliki hanya baju yang mereka kenakan.

amazing-muslimah-mualaf-malaysia

Esmiralna/Nur Hidayati ditemani sang suami ketika pelatihan Amazing Muslimah

Namun dengan berbagai kesulitan hidup yang dialaminya tidak membuat ia berpaling dari Islam, ia yakin suatu saat nanti Allah akan menolongnya. Jika tidak di dunia, kelak di surga.

Jika Esmiralna baru kemarin masuk Islam namun sudah yakin akan janji Allah, harusnya kita yang terlahir sebagai Muslim lebih yakin lagi mengenai itu.

amazing-muslimah-mualaf-malaysia-2

Pelatihan Amazing Muslimah for ukhti muallaf Aceh adalah salah satu bukti peduli kami kepada para mualaf yang minim dana namun punya semangat untuk belajar Islam, untuk mengenal Qur’an.

Mari kobarkan terus semangat Saudari kita melalui
BCA 237.300.6343 an.
Yayasan Dompet Dhuafa Republika.