ARTIKEL

Tentang Amazing Muslimah

Amazing Muslimah adalah sebuah gerakan membumikan Al-Qur’an dengan cara melaksanakan pelatihan baca Al-Qur’an secara gratis khusus untuk muslimah. Gerakan ini muncul atas keprihatinan akan tingginya data penduduk Indonesia yang belum bisa baca Al-Qur’an. Berdasarkan data dari BPS tahun 2013, bahwa sebanyak 53,8% muslim di Indonesia tidak bisa baca Qur’an, di antaranya adalah para muslimah.

Kehadiran Amazing Muslimah di tengah-tengah masyarakat tak lepas dari kerja keras para inisiator gerakan ini, Peggy Melati Sukma, Dompet Dhuafa dan Lembaga Cinta Qur’an. Gerakan ini diresmikan pada tanggal 12 Juli 2014 di Balai Kartini, Jakarta. Sebagai sebuah gerakan bersama, Amazing Muslimah bercita-cita untuk mengentaskan buta aksara Qur’an pada 10.000 muslimah dengan 200 kali pelatihan, di 10 kota di Indonesia.

Untuk mengikuti pelatihan Amazing Muslimah, syarat utamanya hanyalah muslimah yang tidak bisa baca Qur’an. Siapa pun dapat mengikuti pelatihan ini dan mendaftar pada koordinator di masing-masing kota (Jakarta, Tangerang, Bogor, Yogyakarta, Palembang, Medan, dan Makassar). Pelatihan ini dilaksanakan melalui metode tahrir, yaitu metode cepat satu hari bisa baca Qur’an yang ditemukan oleh Lembaga Cinta Qur’an. Dalam pelatihan ini, peserta dilatih mulai dari pengenalan huruf hijaiyah hingga mampu membaca Qur’an dalam waktu satu hari dengan cara yang menyenangkan dengan teknik asosiasi cerita, sehingga metode tersebut mudah diterapkan.

Sejak diresmikan, Amazing Muslimah telah menggelar pelatihan dan event Hug and Give Bersama Peggy Melati Sukma di 7 kota di Indonesia. Hug and Give merupakan event untuk merajut silaturrahim sesama Muslimah bersama Peggy Melati Sukma, sekaligus menjadi ajang untuk mengenalkan program dan penggalangan dana Amazing Muslimah. Mengambil konsep berpelukan dan berbagi, Hug and Give mengajak muslimah untuk berpelukan dalam arti merengkuh dan membantu muslimah yang lain dengan berbagi untuk keberlangsungan program pelatihan baca Al-Qur’an.